PENGEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS MELALUI PECS


PENGEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS MELALUI PECS

PECS adalah singkatan dari Picture Exchange Communication System, adalah sebuah teknik yang memadukan pengetahuan yang mendalam dari terapi berbicara dengan memahami komunikasi dimana pelajar tidak bisa mengartikan kata, pemahaman yang kurang dalam berkomunikasi, tujuannya adalah membantu anak secara spontan mengungkapkan interaksi yang komunikatif, membantu anak memahami fungsi dari komunikasi, dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Menurut PECS anak dengan autis tidak dipengaruhi oleh social rewards.

PECS dirancang oleh Andrew Bondy dan Lori Frost pada tahun 1985 dan mulai dipublikasikan pada tahun 1994 di Amerika Serikat dan COMPIC (Computerized Pictograph) dari Australia. Awalnya PECS ini digunakan untuk siswa-siswa pra sekolah yang mengalami autis dan kelainan lainnya yang berkaitan dengan gangguan komunikasi. Siswa yang menggunakan PECS ini adalah mereka yang perkembangan bahasanya tidak menggembirakan dan mereka tidak memiliki kemauan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan menggunakan PECS bukan berarti menyerah bahwa anak tidak akan bicara, tetapi dengan adanya bantuan gambar-gambar atau simbol-simbol maka pemahaman terhadap bahasa yang disampaikan secara verbal dapat dipahami secara jelas. Memang, pada awalnya anak diperkenalkan dengna simbol-simbol non verbal. Namu fase akhir dalam penggunaan PECS ini anak dimotifasi untuk berbicara. Meskipun PECS bukanlah program untuk mengajarkan anak autis cara berbicara, tetapi diharapkan pada akhirnya mendorong mereka untuk berbicara.

Penelitian terakhir oleh Yoder dan Stone (2006) membandingkan antara anak-anak yang menggunakan PECS dengan system yang lain. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak autis yang dilatih dengan menggunakan PECS lebihverbal dibandingkan dengan yang lain. PECS ini akan lebih efektif mendorong anak autis untuk lebih verbal jika dilatihkan pada anak beusia di bawah enam tahun.

Material yang digunakan dalam PECS cukup murah. Simbol atau gambar dapat diperoleh dengan cara menggambar sendiri, dari majalah atau koran, foto, atau gambar dari komputer (clip art atau dari internet). Bisa juga menggunakan material resmi PECS yang diterbitkan oleh Pyramid Educational Consultans Inc. Gambar-gambar atau simbol itu dibentuk kartu kemudian dilaminating agar awet dan di belakang gambar di pasang pengait (velcro) atau double tape agar bisa dipasang atau digantung pada berbagai media.

Penggunaan teknik PECS terdiri dari enam fase. Setiap fase merupakan jenjang hirarkis, saling berkaitan dan harus berurut. Dalam pelaksanaan PECS ini anak dibimbing oleh dua guru atau pembimbing. Penerapan PECS untuk anak autis dari phase I sampai VI selalu diawali dengan apa yang anak inginkan maka tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pun akan mudah dikuasai oleh anak


Kontak Kami