Panduan Merawat Gigi dan mulut pada Anak Berkebutuhan Khusus


Panduan Merawat Gigi dan mulut pada Anak Berkebutuhan Khusus

Bagi para orang tua yang memiliki putra/putri  berkebutuhan khusus atau sering disebut.Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) .

Untuk masalah kesehatan gigi dan mulut memang harus lebih diperhatikan, dikarenakan ABK ini. Lebih beresiko terkena penyakit gigi dan mulut. Lebih dikarenakan kebiasaan atau perilaku ABK yg kurang sehat misal seperti suka menghisap benda atau mulut yg selalu menganga atau malas gosok gigi dan sebagainya, itu semua bisa berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Untuk itu kita selaku orang tua seyogyanya memberi perhatian yang lebih untuk kebiasaan atau perilaku putra putri kita yg mungkin bisa berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulutnya.

Anak berkebutuhan khusus (ABK) itu adalah anak yang memiliki kelainan pilaku motorik , sensorik, emosi , bahkan kadang fisik juga mengalami kelainan sehingga semua itu dapat mempengaruhi kesehatan secara umum. Kondisi seperti itu bisa disebabkan banyak hal bisa karena penyakit, trauma, faktor keturunan, lingkungan dan masih banyak lagi. Yang termasuk dalam anak berkebutuhan khusus diantaranya Autisme, ADHD (attention deficit hiperactivity disorder), sindroma down, tuna netra, tuna rungu, dan lain sebagainya.

Yang sangat sering kita jumpai masalah kesehatan gigi dan mulut adalah gigi berlubang dan peradangan pada gusi, demikian juga pada ABK faktor resiko terkena penyakit tersebut sangatlah tinggi karena keterbatasan fisik motorik, mental.

Perawatan perhatian sampai penanganan penyakit  gigi dan mulut pada ABK relatif lebih ekstra dibandingkan dg anak yg normal, yaitu dengan cara

  1. Rutin diperiksakan ke dokter gigi sejak dini supaya bisa dipantau kondisi kesehatan gigi dan gusi untuk upaya pencegahan.
  2. Melatih ABK untuk bisa menjaga dan merwat kebersihan gigi dan mulutnya. Seperti membantu menyikat gigi yg baik dan benar pada ABK.
  3. Memperhatikan konsumsi makanan pada ABK terutama makanan yg sifatnya manis. lengket sebaiknya dibatasi atau kalau bisa dihindari.
  4. Penggunakan dental flosh atau sering disebut benang gigi utk membersihkan sisa makanan yg terselip sehabis makan sangat dianjurkan.
  5. Jika perlu penggunaan obat kumur juga bisa utk menjaga perkembangan bakteri mulut, tapi sebaiknya dikonsultaskan sebelumnya ke Dokter spesialis anak.

Demikian sekelumit panduan cara merawat  kesehatan gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus (ABK), panduan tersebut  diatas biasanya juga diterapkan pada pasien anak pada umumnya hanya utk ABK kualitasnya lebih diperhatikan dan mungkin para orang tua ABK justru mempunyai jurus sendiri tentang merawat gigi dan mulut putra putrinya yg mungkin bisa dipadukan dengan panduan tersebut diatas

Penulis: Drg. Daniswara Wardana

Kategori

Kontak Kami